Ada Apa di Taman Pintar Jogja?

Halo Jogja!! Selalu happy bisa kembali lagi dan lagi ke kota kelahiran saya ini. Kali ini semakin happy lagi karena diajak keponakan mengeksplorasi Taman Pintar Jogja. 

Taman Pintar yang sudah diresmikan oleh Presiden SBY pada 2008 ini berada di lokasi yang strategis. Yakni di dekat Benteng Vredeburg (Malioboro) dan Taman Budaya (Shopping). Banyak juga angkutan umum yang melewatinya. Bagi yang membawa kendaraan pribadi dapat diparkir dengan aman di samping Taman Pintar (kawasan Shopping). 

Taman Pintar dibuka pada Selasa-Minggu 09.00-16.00, yups khusus Senin tutup kecuali bertepatan dengan hari libur nasional. Memasuki Taman Pintar tidak dibutuhkan tiket masuk. Namun tiket dibutuhkan untuk memasuki beberapa wahana.

Berikut ini adalah beberapa wahana yang dapat dieskplorasi 😄 :
1. PAUD barat dan timur 

PAUD hanya untuk anak usia 2-7 tahun dengan harga tiket 5000/anak. Ketika anak sedang mengikuti kelas disini, orangtua harus tetap menemani diluar gedung ya 😊

2. Gedung Kotak dan Gedung Oval
Kedua gedung ini menyediakan koleksi ilmu pengetahuan. Cukup membayar 10.000/anak atau 18.000/dewasa, kita akan disuguhkan bermacam ilmu pengetahuan dengan tampilan yang menarik. Pengetahuan yang disuguhkan seperti peraga rel kereta api, turbulensi, replika Candi Borobudur, keris, wayang, peraga kerangka manusia ketikanaik sepeda, proses pembuatan susu, dan banyak lagi peraga menarik lainnya. Tersedia pula permainan balok untuk dieksplorasi anak-anak.

3. Planetarium



Memasuki Planetarium dikenakan biaya tiket sebesar Rp 15.000/orang. Di dalamnya, kita akan disuguhi simulasi suasana dan benda-benda yang ada di langit Yogyakarta pada malam hari. Kemudian ada juga film tentang perjalanan manusia di bulan. Penonton akan duduk di kursi yang dapat direbahkan, menghadap kubah yang menampilkan film dari sebuah tembakan proyektor.  Seru sekali bukan?

4. Kampung Kerajinan

Membuat Kerajinan Batik

Melukis di Kaos

Membuat Kerajinan Gerabah


Terasa sekali kan suasana edukatif di tempat ini? Program kreativitas yang ditawarkan Taman Pintar memberikan kesempatan anak-anak untuk berimajinasi dan mewujudkannya loh. Jangan sampai melewatkan program ini yah. Biayanya juga terjangkau kok. Untuk kreasi batik dan gerabah Rp5.000/anak, melukis gerabah Rp10.000/anak, sementara melukis kaos dikenakan biaya sebesar Rp30.000/anak. Kampung kreasi membantu anak menemukan bakat seni nih 😍

5. Playground








Wah kalau wahana yang ini sih semua anak-anak suka yah! Ada perosotan dalam rumah pohon, ayunan, air mancur menari bisa sambil tembak-tembakan air nih mainnya. Jangan lupa diperhatikan keselamatan anak-anaknya ya kalau main disini (dan dimanapun mereka berada) 😁

Selain permainan anak-anak, ada juga loh peraga seperti parabola (mengirimkan suara antarparabola), peraga katrol (mengukur usaha dan berat dalam ilmu fisika), lalu ada juga peraga observatorium (seperti di boscha gitu lho) dan memainkan drum. 

6. Perpustakaan
Yap! Bagi yang suka membaca, enak banget nih ngadem kesini. Sayangnya Balqis belum ngerti bacaan, jadi ngga mampir kedalamnya. Monggo dicoba sendiri yah main kesini. Eh, baca buku disini maksudnya.. 😊

Sebetulnya ada satu lagi wahana tersedia, peraga lalu lintas. Tapi belum ada kendaraan mini, hanya berupa jalanan mini dengan beberapa peraga rambu lalu lintas. Mungkin nantinya akan dibuat seperti taman lalu lintas seperti di Bandung ya.. Semoga saja, biar semakin lengkap mencerdaskan anak bangsa. Hahaha..

Mengenai tempat makan, tenang saja. Balqis juga banyak jajan disini, mulai dari sosis bakar, singkong, kentang spiral, burger, es milo, teh, jeruk. Banyak sekali jajanan di sekitar wahana. Untuk makan berat juga disediakan foodcourt dengan berbagai macam menu di dalam. Psst! Ada lagi nih 1 wahana permainan "berkoin" di dalam foodcourt. Awas si anak jadi lebih memilih main daripada makan siang ya! 😄 Foodcourt disini punya jalan pintas menuju pasar buku Shopping dan parkiran yah.

Taman Pintar juga sudah menyediakan ruang P3K untuk mengantisipasi kecelakaan saat bermain. Juga tersedia masjid di dekat sini, ibadah tetap jalan yah 👼

Nah.. sekian cerita eksplorasi Taman Pintar Jogja. Bagi yang ingin memperoleh informasi lebih lengkap, dapat menghubungi kontak dibawah ini. Sampai jumpa!


KANTOR PENGELOLAAN 
TAMAN PINTAR YOGYAKARTA



Alamat
Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3 Yogyakarta Indonesia
Kode Pos : 55122
Emailinfo@tamanpintar.com
No telp0274-583-631
Fax0274-583-664
Websitewww.tamanpintar.com
Sms Center085729748888
085729739999


Comments

Popular posts from this blog

Makan Tongseng Kambing di Sate Kambing Pak Mien Ujung Berung, Bandung

Ada Apa di Taman Pelangi Lampion Jogja?