Makan Tongseng Kambing di Sate Kambing Pak Mien Ujung Berung, Bandung

Sugeng enjing Bandung!

Pengen coba makanan khas Solo di Bandung nggak? Iya makanan asli dari Solo, seperti sate kambing/sapi, tongseng kambing/sapi, dan tengkleng kambing/sapi. 

Di Bandung ada loh warung makan khas Solo yang menjual ini semua, tepatnya di Jalan Rumah Sakit, Ujung Berung, Kota Bandung. Tepat di pertigaan Jl. Rumah Sakit dan Jl. Raya Ujung Berung. Tempatnya sih di pinggir jalan, tapi cuma cukup untuk 1 mobil parkir. Sempit, hehe.

Tongseng Kambing, Sate Ayam, dan Es Jeruk

Semalam saya pengen coba tengkleng, kayaknya seger gitu ya untuk menu buka puasa. Tapi ternyata kehabisan 😢. Ternyata disini tengkleng kambing jadi menu terfavorit pemirsaa! Pada tau nggak kisah dibalik tengkleng? Membaca dari wikipedia, ternyata dahulunya tengkleng itu hanya bisa dikonsumsi para bangsawan dan orang Belanda saja nih. Nah golongan masyarakat dibawahnya seperti juru masak itu hanya kebagian kepala, kaki, dan tulang saja. Orang Indonesia kan kreatif yah, akhirnya sisa tulang yang masih berbalut sedikit daging ini diolah menjadi masakan mirip gulai tapi lebih encer. Jadilah tengkleng. Ah, jadi masih penasaran rasa tengkleng disini. Kapan-kapan coba lagi deh.

Akhirnya saya pesan tongseng kambing dan sate ayam. Yaps! Buat yang ngga doyan kambing atau sapi, tenang.. Pak Mien punya daging ayam juga. 😉 

Tongseng kambing buatan Pak Mien ini mantap. Daging kambing empuk, sama sekali tidak berbau, dan kuahnya kental mantap luar biasa. Tambah segar dengan tambahan kol (kubis) dan irisan tomat.

Kalau sate ayam? Yah.. udah pasti enaklah. Bisa dilumuri dengan bumbu kacang atau kecap, tinggal pilih. Dagingnya empuk sekali, potongannya pun cukup besar, kuah kacangnya kental manis gurih enak deh. 

Minum es jeruk sudah paling sempurna untuk melengkapinya, ya kan..? Saya makan 2 menu plus 1 piring nasi (porsi nasinya buanyaaak) dan es jeruk itu harganya Rp40.000,00. Sedap, terjangkau, dan memuaskan.

Buat yang mau makan disana, harap bersabar ya kalau berisik bamget suara kendaraan lalu lalang. Di pinggir jalan banget sih.. Trus tempatnya sempit, mungkin maksimal untuk 20 orang aja. Mesti cepet-cepetan karna cepet ludes. Biasanya buka dari sore hingga malam. Yuk cobain makanan khas Solo!

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa di Taman Pintar Jogja?

Ada Apa di Taman Pelangi Lampion Jogja?